semangka

Semangka merupakan salah satu buah yang banyak digemari dan sangat populer. Buah ini mempunyai rasa manis dan juga memberikan sensasi segar. Sehingga sangat nyaman ketika mengonsumsi buah semangka saat panas ataupun cemilan sehari-hari. Bagi Anda yang suka buah semangka, hal yang perlu diperhatikan adalah cara menyimpannya dengan tepat. Dimana buah ini sendiri akan dapat bertahan hingga lebih dari 4 minggu setelah dipotong. Untuk mendapatkan rasa lezat dan manfaat kesehatan buah ini, pastikan untuk menyimpannya dengan tepat menggunakan cara mudah berikut ini.

Cara Menyimpan Semangka Utuh

Ketika Anda membeli semangka dan belum akan dibuka dan dikonsumsi, maka pastikan untuk menyimpannya dengan tepat. Menyimpan semangka utuh juga akan lebih mudah dibandingkan apabila sudah dibuka dan tidak habis sehingga perlu disimpan kembali. Cara menyimpan semangka utuh cukup dengan menaruhnya di tempat yang sejuk dan teduh. Anda bisa menyimpan semangka ini di suhu ruangan dan tidak harus menyimpannya di dalam lemari es.

Cara Menyimpan Setelah Semangka Dibelah

Semangka yang sudah dibuka tetapi tidak habis perlu disimpan dengan tepat. Adapun cara mudah menyimpan semangka yang telah dipotong adalah:

  • Pertama adalah menyimpan semangka di dalam kulkas. Bagi yang akan memotong semangka di kulkas pastikan untuk semangka yang telah dipotong. Cara tepatnya juga tidak perlu memotongnya menjadi beberapa bagian hingga buahnya terlihat.
  • Kedua pastikan untuk menyimpan semangka dengan dipotong menjadi dua. Menyimpan semangka dalam kulkas akan efektif selama 3-5 hari.
  • Simpan semangka di dalam wadah yang tertutup dan potong menjadi beberapa bagian.

Akan tetapi ketika menyimpan semangka di kulkas ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Sehingga semangka yang dikonsumsi tidak akan berbahaya setelah disimpan di dalam lemari es. Cara mudah agar tidak membuat semangka berbahaya adalah bisa langsung dihabiskan saat memakannya. Sehingga usahakan untuk membeli semangka secukupnya yang akan dikonsumsi. Akan tetapi apabila tidak habis, maka pastikan untuk menyimpan di kulkas dengan langkah yang tepat. Kulkas merupakan tempat bakteri dapat berkembang biak. Terutama kulkas yang jarang dibersihkan dan juga yang banyak menyimpan bahan lainnya di dalam lemari es tersebut. Hal tersebut akan membuat semangka yang disimpan di dalam kulkas akan dapat terkena bakteri jahat yang dapat menyebabkan masalah pencernaan. Seperti diare hingga mengalami infeksi usus. Oleh karena itulah pastikan untuk menyimpan semangka di bawah 24 jam di dalam kulkas.

Adapun beberapa pertimbangan untuk menyimpan semangka di kulkas yang tepat adalah:

  1. Simpanlah semangka di wadah tertutup yang bersih dan juga khusus untuk menyimpan makanan.
  2. Jangan gunakan plastik biasa karena akan dapat membuat tempat bakteri berkembang biak.
  3. Jangan campur tempat penyimpanan semangka di kulkas dengan makanan mentah dan makanan matang.
  4. Jaga suhu lemari es yaitu tidak terlalu dingin ataupun terlalu panas.
  5. Terapkan metode first in first out, sehingga makan semangka yang dimasukkan ke dalam kulkas terlebih dahulu.

Penyimpanan semangka di kulkas di atas perlu diperhatikan dengan baik sehingga semangka akan tetap layak dan mempunyai rasa enak ketika dikonsumsi kembali. Selain disimpan di kulkas, akan lebih baik untuk membeli semangka yang bisa langsung habis. Seperti ketika membelinya di TaniHub yang juga menyediakan semangka potongan, sehingga akan lebih segar dan bisa langsung dimakan agar tidak perlu disimpan dalam kulkas.

By savage

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.