Masuk angin termasuk dalam masalah kesehatan yang kerap kali dirasakan ketika kondisi cuaca tidak terlalu bagus seperti sekarang ini. Meskipun bukan jenis penyakit serius, namun juga tak dapat dipungkiri jika seandainya hal ini cukup menganggu aktivitas sehari-hari. Apalagi jika sampai tubuh mengalami demam hingga flu dan juga mual. Hal semacam ini pada dasarnya memang dapat terjadi pada siapa saja, mulai diantaranya adalah anak-anak sampai dengan orang dewasa. Lalu bagaimana cara mengatasi masuk angin pada anak-anak.

Bukan sebuah rahasia lagi jika seandainya anak-anak cenderung lebih mudah untuk mengalami masuk angin dibandingkan dengan orang dewasa. Hal ini bukan tanpa alasan, melainkan jika dilihat dari segi daya tahan tubuh mereka memang masih belum sekuat orang dewasa. Sehingga terkadang terpaan cuaca yang tidak terlalu buruk membuatnya harus terkena masuk angin. Berbicara mengenai kondisi masuk angin yang terjadi pada anak-anak jangan khawatir karena tetap ada alternatif penanganannya. Berikut ini diantaranya cara mengatasi masuk angin pada anak-anak, yaitu:

 

  1. Minum banyak air, paksa buah hati Anda untuk setidaknya minum lebih banyak air, baik itu air putih ataupun sumber elektrolit lainnya yang memang dibutuhkan oleh tubuh. Karena ini bisa menjadi salah satu obat alami bagi mereka dalam meredakan masuk angin, dalam kondisi dehidrasi justru akan semakin memperparah hal tersebut. Apalagi jika seandainya buah hati juga merasakan gejala semacam pilek.
  2. Gunakan minyak kayu putih, ketika mereka mengalami demam dan juga perut kembung, maka minyak kayu putih bisa dijadikan sebagai salah satu sarana untuk mengatasinya. Caranya sangat mudah yaitu cukup dengan membalurkan minyak kayu putih ke bagian perut hingga dada sehingga mereka akan lebih tenang.
  3. Madu, herbal yang satu ini nyatanya juga punya banyak khasiat, termasuk diantaranya adalah untuk mengatasi atau redakan masalah masuk angin. Namun pastikan hanya memberikan mereka madu asli saja, bukan yang sudah dicampur dengan bahan lain. Bisa diminum secara langsung maupun juga dengan dicampur air.
  4. Berikan mereka makanan yang bergizi, seperti diantaranya adalah sup ayam, sup ayam ini sudah mengandung gizi lengkap mulai diantaranya adalah protein dan juga sumber vitamin, mineral serta serat yang didapatkan dari sayur-sayuran. Sangat bagus untuk mereka kondisi apalagi di tengah kondisi badan yang tidak terlalu fit.
  5. Biarkan mereka istirahat secara cukup, agaknya jangan perbolehkan buah hati untuk beraktivitas di luar termasuk juga bermain. Pastikan bahwa mereka mendapatkan istirahat secara cukup di rumah agar nantinya membantu mempercepat pemulihan tubuhnya tersebut. Jadi masuk angin yang dialami jug tidak bertambah semakin parah.
  6. Baluri tubuh mereka dengan bawang merah, bawang putih ini tak hanya bermanfaat digunakan sebagai bumbu masak saja, melainkan juga bagus sebagai bahan obat herbal masuk angin. Caranya adalah dengan menghaluskannya, tambah dengan sedikit minyak kayu putih dan balurkan pada bagian perut juga dada. Pastikan tidak menghaluskan bawang tersebut dengan alat penumbuk sambal, karena nantinya akan menimbulkan sensasi panas di kulit mereka.

 

Itulah beberapa cara mengatasi masuk angin pada anak yang patut untuk dicoba. Sekarang ini kondisi kesehatan herbal yang praktis digunakan untuk mengobati masuk angin sudah tersedia di pasaran. Diantaranya adalah dari Herbana Balance Madia Cold Ease. Produk ini diramu secara khusus dari bahan alami yang bagus meredakan gejala masuk angin, tentunya aman digunakan.

 

By savage

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.